All for Joomla All for Webmasters

Cara Pemasangan Shunda Plafon PVC

Cara Pemasangan Shunda Plafon PVC

Shunda Plafon adalah salah satu jenis model plafon dengan teknologi baru, terbuat dari bahan PVC yang sangat ringan, bahan lentur. Shunda Plafon memiliki beberapa keunggulan antara lain tahan air, anti rayap, tahan api, cara pemasangan Shunda Plafon relatif mudah, cepat dan praktis dengan sistem knock down, menghemat biaya pengecatan dan perawatan.

Sebelum membahasĀ Cara Pemasangan Shunda Plafon, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan / keunggulan dari Sunda plafon. Hal ini perlu Anda ketahui agar dapat menjadi pertimbangan ketika Anda akan memasang plafon, sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang paling baik.

Berikut ini beberapa keunggulan Sunda Flapon: Menghemat biaya perawatan, mudah dalam pemasangan dan relatif lebih cepat, tidak perlu mengecat, tahan air jika atap bocor atau merembes, mudah dibersihkan karena memiliki permukaan yang licin, menghemat rangka, tahan api, disain lebih bervariasi, dan sebagainya.

Berikut Cara Pemasangan Shunda Plafon PVC:

Menyiapkan alat yang diperlukan untuk memudahkan pemasangan shunda plafon. Peralatan yang diperlukan cukup sederhana antara lain cutter, impact drill(bor) ukuran 10 mm, mata bor untuk sekrup, angel grinder, siku, meteran ukur, palu, kabel daya dan stop kontak.

Menyiapkan bahan. Secara umum bahan yang diperlukan antara lain rangka plafon (bisa menggunakan kayu atau besi hollow), shunda plafon, paku (jika menggunakan rangka kayu), paku beton, sekrup (jika menggunakan rangka hollow) dan lainnya.

Ukur rencana tinggi plafon. Sebaiknya tidak melebihi ring balok. Gunakan selang air untuk mengatur ketinggian agar sama tinggi (waterpas).

Pasang rangka hollow atau rangka kayu, sesuaikan dengan ukuran ruangan. Jika ruangan kecil, sebaiknya rangka tidak bertingkat. Namun jika ruangan cukup besar dan tinggiĀ  lebih dari 3 meter, maka rangka plafon boleh bertingkat.

Pasang lis telebih dahulu pada salah satu dinding. Gunakan gerinda atau gergaji untuk memotong bagian sudut lis.

Pasang lis menggunakan sekrup dan bor, dengan jarak 50 cm.

Pasang plafon mulai dari pinggir. Jika memang harus dipotong, gunakan cutteruntuk memotongnya dan gunakan siku agar hasil potongan bersudut 90 derajat.

Tempelkan plafon menggunakan sekrup pada bagian pinggir. Teknis pemasangannya hampir sama dengan cara memasang lantai parkit kayu.

Tahap selanjutnya adalah pemasangan lis dan finishing, yaitu melakukan pemeriksaan dan perapian pada setiap bagian plafon yang masih terlihat belum rapi.